Trip To Bali Day 5

Last day in Bali,hari ini sesudah sarapan kami check out hotel.Dari hotel seperti biasa kami menggunakan suttle bus untuk pergi ke Kuta Central Park dan mengganti kendaraan dengan bus.Kami menuju ke Tanah Lot.

Tanah Lot adalah komplek pura yang salah satunya berada di atas laut.Saat kami kesini kebutulan ada umat hindu yang sedang beribadah di Pura.Dan saat siang air sedang Pasang jadi kami tidak boleh masuk ke beberapa area yang sedang pasang termasuk pura di atas laut.Di Tanah Lot ini juga ada beberapa aturan yang harus ditaati.Walau tidak bisa melihat Pura di atas laut kami cukup puas karena keindahan dari Tanah Lot.
Pura Tanah Lot

Sesudah dari tanah lot kami pergi makan siang dan shalat di R.M Abian Resto (dengan mie goreng,ayam,capcay).Sesudah itu kami pergi ke Pusat Oleh-oleh Joger.Pusat oleh-oleh ini yang "Mewah" ini terkenal dengan pabrik kata-katanya dan jargon "Joger Jelek Bali Bagus" .Pusat-pusat oleh-oleh ini sedikit mahal dari pusat oleh-oleh lain,dan mempunyai konsep seperti Distro.Jadi barang-barang disini eksklusif cuma dijual di toko Joger dan cabangnya.Keamanan di toko ini juga ketat,semua barang dilindungi dari pencurian.Walau mahal tapi cukup puas dengan Joger ini karena barang-barangnya semua berkelas dan nggak murahan.

Sesudah itu kami pergi ke Danau Bedegul (Bedegul bukan Bodogol).Danau ini terletak di suatu gunung di pulau Bali.Ternyata Bali tidak hanya mempunyai Pantai tetapi juga mempunyai gunung.Suhu di danau Bedegul ini cukup dingin.Sama seperti suhu di Pangalengan dan Lembang.Di danau ini juga ada beberapa water sport yaitu jetsky,memancing dan perahu dayung.Kalau mau beli pie susu disini dijual dengan murah dikios-kios disepanjang jalan menuju danau.Hanya 15.000 per box,yang biasanya 20.000 per box
Laut Selat Bali Saat Malam

Kami berpisah dengan Local Guide,Mbo Frida disini.Makasih ya Mbo atas info-infonya selama diBali,sangat membatu.Kami langsung menuju Pelabuhan Gilimanuk untuk Menyebrang ke Pulau Jawa sambil makan malam dengan Dinner Box di perjalanan menuju pelabuhan (Dengan Ayam Pedas,Mie,dan Tempe)

Kami sampai dipelabuhan sekitar pukul 8 Wita,kami naik kapal ferry untuk sampai ke Pelabuhan Ketapang.Perjalanan sama seperti pergi kira-kira satu jam.Mengarungi lautan saat malam itu benar-benar romantis,apalagi ditemani lagu my heart will go on.Jadi teringat film Titanic.Sayang saat itu aku lagi nggak punya pacar.Kami tiba di ketapang pukul 8 Wib,dan seperti biasa terkena boat lag (?) karena perbedaan waktu dan sedikit bingung daritadi masih jam 8 malam.Sesudah menyebrang kami kembali ke Bus dan bersiap buat besok Transit di Jogja selama satu hari sebelum kembali ke Bandung.