Yogyakarta Holiday 2015 - Day 4

Last Day At Jogja ! Hari ini pagi-pagi langsung check out hotel.Nah,berhubung di last post aku cerita pernah ke Jogja sebelumnya (Ke Gembira Loka & Taman Pintar) aku bakal cerita di post ini.

Museum Merapi
Jadi,aku pernah liburan ke Jogja waktu aku masih kelas 4 (sekitar tahun 2008-2009,lupa tanggal pastinya) bertiga naik kereta.Aku,adik aku dan almarhumah.Di Jogja lumayan lama jalan-jalan,Jogja lagi masa-masa renovasi dan rehabilitasi pasca peristiwa 2006.Waktu itu ke Kebun binatang Gembira Loka.Gembira Loka hancur bekas gempa,jembatan kebelah 2,tata wilayah berantakan,hewan kurang bahagia.Dan kami juga ke Taman Pintar yang waktu itu baru banget dibuka,waktu itu cuma ada gedung oval,bioskop 4D dan planetarium.

Okay cukup nostalgianya,kembali ke tanggal 30 desember 2015.Setelah check out kami sarapan di restorant Es Eny.Restaurant ini makanannya macam-macam dari baso dan makanan tradisional disajikan secara prasmanan.Dan minuman/dessert utamanya aneka es.

Seusai sarapan kami pergi ke kaliurang pamitan sama adiknya kakek aku terus langsung ke Museum Merapi.Tiket masuk museum ini Rp 5.000 dan tiket bioskop merapi Rp 5.000 .Museum ini ada 2 lantai.Di lantai 1 ada replika gunung merapi + dioramanya.Ada barang-barang & bebatuan bekas erupsi merapi,legenda-legenda merapi,gunung-gunung di dunia,jenis-jenis bebatuan,dan sebagainya.

Festival Of Light Kaliurang Saat Siang
Di lantai 2 ada sejarah-sejarah merapi,simulasi tsunami & gempa bumi,kursi yang dipakai soekarno,erupsi-erupsi merapi yang pernah terjadi,dan sebagainya.Bioskop berada di lantai 2,film yang ditanyangkan adalah film dokumenter gunung merapi (kalau nggak salah nama filmnya "Mahaguru Merapi").Di film ini diceritaiin struktur merapi,penanganan jika merapi meletus,pemantauan merapi,erupsi merapi,kuncen merapi dan manfaat gunung merapi bagi warga sekitar.Durasi film sekitar 20 menit.

Dari museum merapi kita lanjut ke wisata Kaliurang.Di sini banyak jajanan,yang paling khas yaitu juadah dan tempe bacem.Kita makan sambil disuguhi pemandangan lereng merapi.Dari sana turun sedikit ada Taman Wisata Gardu Pandang,kalau malem karena lagi suasana tahun baru taman ini jadi Festival Of Light Kali Urang.Karena siang tiket masuknya cuma Rp 1.000 .Saat siang yang bisa dilihat cuma lampion mati.Wahana permainan & stand makanan belum dibuka.Walau begitu tempat ini lumayan buat foto-foto.Di taman ini juga ada bunker tetapi nggak bisa dimasuki.

Dari Taman Wisata Gardu Pandang kami pergi untuk makan siang di The Waroeng Of Raminten.Restorant ini pemiliknya sama dengan pemilik Mirota,restorant ini bertema adat yoyga.Agak serem juga masuk kedalem,banyak patung mirip manusia dan didepannya ada kembang,ada banyak barang-barang kerajaan dan bau khas sesajen.Pelayan disini semuanya cowo (aku nggak liat pelayan cewe).Untuk waitersnya kebanyakan pakai baju hitam + iket kepala batik,mirip setelan baju pangsi.Untuk Receptionist dan beberapa waiters pakai rompi batik + selop + sindang (bawahan kebaya berbentuk rok),yang ini sedikit weird dilihatnya soalnya kan sindang udah nggak pernah dipakai cowo dalam pakaian adat modern,jadi jatuhnya lebih ke pakaian cewe.

Waroeng Of Raminten & Stasiun Kereta Api
Setelah makan siang kita beberes baju terus langsung ke stasiun.Makan malem di statiun.Aku naik kereta Lodaya Malam (kelas : Bisnis) untuk ke Bandung.Kita berangkat dari jogja jam 20.00.Di kereta ada beberapa servis berbayar,misalnya sewa bantal Rp 5.000 ,nanti si mas-mas nya yang dateng ke gerbong kita.Kereta malam free dari pedagang asongan (siapa juga yang mau jualan tengah malem),lampu gerbong nyala terus sepanjang perjalanan.Nyampe di bandung sekitar jam 4.00 pagi,ke rumah pake taxi.Di stasiun Bandung banyak taxi tidak resmi (tidak plat kuning),bayarnya bebas tapi minimal bayar 70an buat jarak jauh soalnya dia bayar parkir seharian,kasihan kalau dibayar cuma 50 (untuk taxi tidak resmi,taxi resmi pakai argo).Dan akhirnya sampailah aku ke rumah.