Yogyakarta Holiday 2015 - Day 3

Hari Ketiga liburan akhir tahun di Jogja.Hari ini aku bangun pagi sarapan di hotel terus pergi ke laundry dulu buat nge-laundry baju-baju yang kemarin dipakai.Laundry di Jogja lebih murah daripada yang di Bandung,selesai sehari cuma Rp 8.000 sementara di Bandung selesai sehari Rp 12.000

Tempat pertama yang kami kunjungi yaitu Kebun Binatang Gembira Loka.Tiket masuknya Rp 25.000.Kalau tambah Rp 5.000 tiketnya udah termasuk wahana kapal Tatamaran,keliling danau satu putaran memakai kapal ferry.Selain Kapal Katamaran,di gembira loka banyak wahana lain seperti sepeda,speed boat,TARING (Transpor Keliling),dan yang lainnya.Untuk TARING Tiket turun di semua stasiun Rp 20.000 + Free naik Kapal Katamaran sekali.

Kebun Binatang Gembira Loka
Koleksi satwa di bonbin Gembira Loka cukup banyak.Satwa-satwa di Gembira Loka antara lain Komodo,Orang Utan,Harimau,Simpanse,Kuda Nil,Aneka Monyet,Aneka burung di taman burung,Aneka Reptil dan Amfibi di Taman Reptil dan Amfibi dan satwa-satwa lainnya.

Gembira Loka punya koleksi yang unik yaitu penguin Africa (Spheniscus demersus).Sesuai namanya, penguin ini berasal dari Afrika jadi lumayan tahan dengan panas dan bisa hidup di indonesia dengan biome khusus.Sesudah dari Gembira Loka kami makan siang di Ayam Penyet Surabaya.

Sesudah makan siang kami pergi ke tempat kedua yaitu Taman Pintar.Kami hanya masuk gedung oval dan gedung kotak,tiketnya Rp 18.000 .Di dalam gedung kotak ini seperti Museum ada foto,patung,LCD interaktif.Gedung kotak ini gedung baru.Tema dari gedung kotak adalah sejarah kasultanan ngayogyakarta,sejarah tokoh pendidikan,dan sejarah presiden.

Taman Pintar Jogjakarta
Dan gedung kedua yaitu gedung oval.Di dalam ini gedung ini adalah zona-zona ilmu pengentahuan.Dari pintu masuk kita sudah disambut oleh T-rex dan Stegosaurus.Dari sana kami masuk ke suatu ruangan yang besar dengan tangga ke lantai dua.Di sini ada alat alat praktikum sederhana,seperti pembangkit listrik.Buat anak IPA/MIA sih udah nggak asing liat alat beginian.Jangankan liat buat alatnya pernah.Karena saat ujian praktek fisika semester 1 kemarin aku buat pembangkit listrik sederhana.Konsepnya sama,cuma beda di budget aja.

Selain alat-alat praktikum dilantai 1 ada Zona BMKG simulasi gempa bumi.Gimana rasanya ngerasain simula gempa ? Biasa aja udah nggak aneh,karena udah pernah ngerasain gempa yang asli.Dan pasti hampir semua orang Indonesia yang seumuran aku atau lebih tua pasti pernah ngerasain gempa bumi.Dari lantai 1 kita naik tangga ke lantai 2.Di Tangga ada foto-foto planet di bimasakti,ilmuwan-ilmuwan terkenal dan teori-teorinya.

Di lantai 2 ada berbagai zona-zona pendidikan dengan konsep berbeda-beda.Ada Zona Fisika,Biologi,Zona Nuklir,Zona Air,Zona SNI,dan zona-zona lain.Tiap zona punya satu alat peraga,patung atau Diorama.Dari lantai 2 kita keluar lewar lantai 3.

Di Lantai 3 ada atraksi pendukung yaitu bioskop 4D dan dark ride "Dino Adventure" tentang Dinosaurus.Aku nggak nonton bioksop 4D nya karena udah pernah.Aku naik "Dino Adventure" karena ini wahana baru.Tiketnya Rp 25.000,satu kereta maksimal 4 orang.Awal-awal kereta jalan sedikit takut karena mirip dark ride dunia lain di TSB.Mau lihat POV nya ? Klik video di bawah.

Dari Taman Pintar kami ke Progo Mall.Progo Mall ini dekat dengan Taman Pintar,hanya +-10 menit berjalan kaki.Mobil tante aku diparkir sini karena nggak dapet parkir di Taman Pintar.Progo Mall ini mall superlengkap di Jogja.Dari mobil,makanan,sampai elektronik semua ada disini.Dari Progo Mall kita makan malam di Gudeg Yu Djum.Guded Yu Djum ini katanya salah satu gudeg paling enak di Jogja.Dari sana kita langsung balik ke hotel.