Pagelaran Apresiasi Bahasa dan Seni “LEAP : UNIVERSUM”

Apresiasi bahasa dan seni merupakan mata kuliah fakultas di semester 3 yang wajib aku kontrak. Karena mata kuliah fakultas, mata kuliah ini hanya ada FPBS (Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra) & FPSD (Fakultas Pendidikan Seni dan Desain) Universitas Pendidikan Indonesia. Kenapa ada di 2 fakultas ? Karena dahulu FPBS namanya adalah Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, lalu terjadi perpecahan sehingga lahirlah FPSD. Bobot mata kuliah ini adalah 3 SKS dengan tugas akhir membuat pagelaran atau pentas seni.

Dua jurusan di Departement Bahasa Inggris (Pendidikan dan Non-Pendidikan) menjadi satu di mata kuliah ini. Karena kita mengadakan pagelaran yang sama. Pagelaran kami dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 4 Januari 2018 di Amphitheater UPI. Open gate dimulai dari pukul 10.00 , tetapi acara baru dimulai pukul 11.00.

Nama dari kegiatan ini adalah “Leap 2.0 : Universum” . Leap berarti loncatan, dan universum berarti dunia atau universe. Tema acara ini adalah Parallel Worlds, dimana setiap kelas mewakili satu universe atau dunia parallel. Ada satu tokoh utama sebagai benang merah, dia akan menjelajah dimensi untuk mencari fragment. Nanti fragment-fragment ini akan disatukan dan membentuk kata “RATHASATTAMA”, yaitu nama angkatan aku. Acara ini merupakan lanjutan dari “Leap 1.0” , acara pentas seni yang diadakan saat masa-masa kami kaderisasi, dengan tema time travel.

Acara ini membutuhkan persiapan berbulan-bulan. Di masa-masa persiapan kami melakukan dana usaha, berlatih penampilan kelas, melakukan MOU dengan bintang tamu, rapat, dan membentuk kepanitiaan. Di acara ini aku diamanahi oleh angkatan menjadi koordinator seksi acara.

Proud Lecturer and His Students
Kami mengadakan 2 kali gladiresik untuk acara ini. Gladi kotor diadakan 2 hari sebelum acara, tepatnya tanggal 2 Januari di Theater Terbuka UPI. Gladi Bersih dilaksanakan pada hari H di venue acara , dimulai dari jam 6 pagi.

Acara dibuka pukul 11.00 oleh MC. MC nya adalah Ayu Nurul dari Pendidikan B, dan Neily dari Sastra A . Lalu setelah itu ada opening, background story tentang karakter utama kenapa dia menjelajah dimensi dan kenapa dia harus menemukan fragment di setiap dimensi. Tokoh utamanya adalah Hamid dari kelas Sastra B. Sesudahnya ada pembacaan ayat suci al-quran, sambutan dari ketua pelaksana, dan sambutan dari ketua departement pendidikan Bahasa Inggris.

Dari sambutan-sambutan, kita masuk ke penampilan pertama yaitu dari Sastra A. Sastra A mengambil tema/universe Fairytale. Nama penampilan mereka adalah “Tenebris Fabula” yang artinya sisi gelap dari dongeng. Mereka menampilkan drama. Ceritanya tentang sesorang yang terjebak oleh mimpi buruknya. Dalam universe fairytale, tokoh utama (Hamid) mendapat fragment dengan tulisan “AMA”.

Sesudah penampilan Sastra A, acara break ISOMA (Istirahat Sholat Makan) selama 1 jam, karena waktu sudah hampir menunjukan pukul 12 siang.

Penonton di sambut oleh bintang tamu sesudah break ISOMA, bintang tamu pertama adalah Tageg. Tageg merupakan band Bahasa Inggris UPI angkatan 2015. Genre yang dibawakan adalah Pop. Tageg juga tampil di acara ABS tahun sebelumnya.

Sesudah Tageg, ada penampilan kelas aku yaitu kelas Pendidikan A. Kelas aku mengambil tema/universe Suprantural. Nama penampilan Pendidikan A adalah “Myticis” yang artinya mystic/mistik. Pendidikan A menampilkan drama tari dari 4 kesenian dan kisah mistis di Indonesia. Dalam universe Suprantural, tokoh utama mendapat fragment dengan tulisan “ATT”. Detail mengenai penampilan kelas aku, akan dijelaskan di post selanjutnya.

Suasana Panggung "LEAP : UNIVERSUM"
Sesudah Pendidikan A, ada bintang tamu yang kedua yaitu Omdor band, Omdor merupakan singkatan dari Orkes Musik Dangdut Dorong. Dari namanya kita sudah tahu bahwa band ini bergenre dangdut. Band ini berasal dari FPBS, dengan sebagian besar personilnya berasal dari jurusan Bahasa Indonesia.

Sesudah Omdor, ada penampilan dari kelas Pendidikan B. Kelas Pendidikan B mengambil tema/universe Nusantara. Nama penampilan kelas pendidikan B adalah “Bhanu Chandra Dipta”. Arti Bhanu Chandra Dipta, kalau tidak salah adalah bulan yang bersinar terang. Kelas Pendidikan B menampilkan kabaret. Awal cerita ada dua pasangan dari Pulau Bali yang menikah, pasangan tersebut kemudian dikaruniai sepasang anak kembar, laki-laki dan perempuan. Kemudian diceritakan bagaimana kedua anak tersebut bermain-main ke seluruh Indonesia, mereka melihat berbagai macam tari dari seluruh daerah Indonesia, ada tari Betawi, tari Jawa, tari Dayak, etc. Tetapi hal buruk harus terjadi, si laki-laki meninggal, menyisakan saudara perempuannya sendiri. Saudara perempuan tersebut dilanda kesedihan yang mendalam. Dia bertapa, kemudian dia bertemu dengan seorang penari Bali. Di akhir cerita, dia menari tarian Bali untuk menghibur kesedihannya. Di bagian epilog, semua karakter muncul dan menyanyikan lagu Pileleuyan, lalu mereka satu persatu meninggalkan panggung. Dalam universe Nusantara, tokoh utama mendapat fragment dengan tulisan “RAT”.

Sesudah penampilan kelas Pendidikan B, ada Penampilan Pendidikan. Penampilan Pendidikan merupakan penampilan gabungan dari kelas Pendidikan A dan Pendidikan B. Kami menampilkan flashmob dan line dance. Pertama, kami menari lagu Luis Fonsi – Despacito, kelas Pendidikan A menjadi center di lagu Despacito. Kedua, kami menari lagu Via Vallen – Sayang, kelas Pendidikan B menjadi center di lagu Sayang.

Sesudah penampilan pendidikan, ada penampilan dari kelas Sastra B. Sastra B mengambil tema/universe Distopia, dan nama penampilan mereka adalah “Welter”. Distopia merupakan lawan kata dari Utopia. Distopia artinya komunitas atau masyarakat yang tidak didambakan atau menakutkan atau hancur. Contoh dunia distopia dapat kalian lihat di serial Hunger Games, Maze Runner, dan Divergent. Sastra B menampilkan perkusi, vocal group, dan modern dance. Dalam universe distopia, tokoh utama mendapat fragment dengan tulisan “HAS”.

Sesudah Sastra B, ada penampilan bintang tamu yang ketiga yaitu H-UP! . H-UP!  atau Hallyu UP! merupakan salah satu komunitas pecinta budaya pop Korea di UPI. Di UPI kalau tidak salah ada 3 komunitas pencinta K-Pop. Ada H-UP!, Korea UPI, dan satu lagi aku lupa namanya. H-UP! menampilkan cover dance. Cover dance Produce 101 – Shape of You, BTS – Gogo, CLC – Hobgoblin, dan Ikon – B’day.  Aku ikut tampil bersama H-UP! , aku tampil di lagu Shape of You, Gogo, dan B’day. Di Shape of You, aku mendapat solo part untuk adegan slayer, dan juga part solo dari Yuehua Justin.

Penampilan Hallyu UP!
Sesudah H-UP! ada bintang tamu yang keempat yaitu Torpedo. Torpedo merupakan band Bahasa Inggris UPI angkatan 2016. Torpedo membawakan lagu-lagu akustik, dan mereka juga membawakan satu lagu dangdut.

Sesudah Torpedo ada bintang tamu yang keempat yaitu Bageur Band. Bageur Band merupakan band dosen Bahasa Inggris UPI. Genre dan lagu yang dibawakan bermacam-macam, dari lagu Armada sampai lagu Taylor Swift.

Sesudah Baguer Band sampailah kita ke penghujung acara. Acara ditutup dengan Hamid atau tokoh utama, menyusun fragment “AMA”, “ATT”, “RAT” , dan “HAS” menjadi RATHASATTAMA. Setelah fragment selesai disusun, kami semua dari Pendidikan A & B, Sastra A & B menari flashmob lagu Pharrell Wiliams – Happy.

Comments (0)

Posting Komentar