P2M ESA UPI 2017 Day 4 - 6







~Day 4 (16 Juni 2017)~
Hari ini adalah hari termelelahkan di P2M. Pagi pagi sekali aku harus ke SD untuk mempersiapkan lomba-lomba yang akan diadakan hari ini. Ada lomba menggambar, mewarnai, dan cerdas cermat. Peserta lomba menggambar ada 70 orang, mewarnai ada 101 orang dan cerdas cermat ada 4 group. Aku kebagian untuk membantu cerdas cermat, disana aku jadi penulis skor dan MC .Selain itu hari ini ada seminar pendidikan untuk guru-guru. Pematerinya salah satu dosen di jurusanku yaitu pa Fajri.
Trio Orange Comeback

Di tengah perjalanan pergi aku bertemu seorang ibu paruh baya yang misterius. Dia mengajak aku mengobrol lalu memegang kening, dan kedua pipi aku dan dia berkata kalau dia punya batu yang bisa meramal nasib. Ibu itu bernama Ibu Nani, aku sedikit takut dengan ibu itu. Kalau kalian bermain The Sims 2 kalian pasti tahu Gypsy matchmaker, ya bisa dibilang seperti itu.

Sesudah lomba dan seminar pendidikan, kami ada agenda mengajar ngaji di madrasah. Dan diwaktu yang sama juga ada mini bazar. Di jeda antara lomba/seminar pendidikan dan mengajar mengaji, aku sempat foto-foto bersama trio orange (teh Lina & Upeh) dan kadiv aku di kaderisasi yaitu teh Syifa di kebun teh. Bagus banget pemandangan kebun teh disini, instagramable banget dan cocok buat syuting juga.

Sesudah mengajar mengaji ada lomba rohani. Ada lomba tilawah, adzan dan kaligrafi. Aku duet dengan teman satu jurusanku, Firas Damar untuk menjadi MC di lomba rohani. Untuk lomba tilawah dan adzan diadakan di masjid sementara lomba kaligrafi diadakan di madrasah.

Lomba rohani selesai setengah jam sebelum adzan magrib. Saat adzan magrib seperti biasa kami buka puasa dan makan malam bersama. Lalu di lanjutkan tarawih dan evaluasi. Hari ini aku menang risalah kostan untuk yang kedua kalinya, ceritanya tentang aku saat sahur membantu memasak di kostan 7 sebagai permintaan maaf dan damai karena kemarin sempat balas-balasan risalah. Sebelum pulang kami diberi bahan tahu, sawi dan beberapa bumbu untuk sahur.

~Day 5 (17 Juni 2017)~
Seperti hari kemarin, saat sahur aku pergi ke kostan 7 untuk membantu memasak, lalu masakannya dibagi 2 dan aku bawa ke kostan sendiri. Dan karena hari ini hari sabtu, maka tidak ada agenda mengajar. Agenda mengajar berakhir hari kemarin. Pagi-pagi hari ini diisi dengan beberes panggung karena hari ini akan ada pentas seni (pensi). Tempat pensinya di RW 3 dekat posko.

Panggung Pentas Seni
Pentas seni dimulai pukul 1 siang dan berakhir pukul 4 sore. Pentas seni ini menampilkan anak-anak kampung cibolang dan penampilan per-kostan panitia. Anak-anak di Cibolang telah sebelumnya dilatih oleh panitia, dan hasilnya sangat memuaskan. Dalam waktu yang sangat singkat mereka bisa menampilkan penampilan masing-masing di panggung. Ada macam-macam penampilan. Ada yang menyanyi, menari, drama, baca puisi, dan sebagainya. Di pensi ini juga diumumkan pemenang lomba dan pemberian hadiah kepada pemenang.

Di sela-sela pensi ada foto tiap kostan dengan guest family nya masing masing. Dan sesudah pensi ada kerja bakti. Kerja baktinya membereskan tempat daerah sekitar panggung pensi.

Setelah adzan magrib berkumandang kami buka puasa dan makan malam. Karena ini buka puasa terakhir disini, maka banyak dari kami yang berbuka di kost atau memakan bakso disini. Bakso disini adalah bakso beranak, dengan diameter parent bakso sekitar 15 cm. Biasanya kami share jika makan bakso, karena jarang ada yang bisa habis satu porsi sendiri. Karena banyak yang makan diluar posko maka posko menjadi sangat sepi.

Dan hari ini adalah evaluasi hari terakhir. Evaluasi tidak terlalu panjang dan ditutup dengan pembacaan risalah dan pemutaran film dokumenter selama P2M. Ada 5 risalah yang dibaca hari ini (biasanya cuma 2) dan sayangnya risalah aku gagal menang hari ini. Sesudah pembacaan risalah ada pemutaran film dokumenter kami selama P2M. Sesudah pemutaran film kami melakukan halal bi halal, yaitu bersalam-salaman dan minta maaf. Bahan sahur yang diberikan hari ini yaitu telur, tahu, dan beberapa bumbu.

~Day 6 (18 Juni 2017)~
Hari terakhir P2M. Semua acara inti sudah berakhir dan agenda hari ini hanyalah kerja bakti, closing ceremony, dan pulang.

Pagi - pagi kami melaksanakan kerja bakti di RW masing-masing tempat kost kami berada. Asalnya kami akan melaksanakan kerja bakti di seluruh desa, tetapi mengingat jarak dan waktu akhirnya kami hanya melaksakan di RW masing-masing. Setelah kerja bakti, kami mandi dan beres-beres lalu pamit ke guest family kami dan membawa semua barang kami ke posko.

Jam 1 siang ada closing ceremony, yaitu doa, sambutan, dan pemberian plakat. Sesudah closing ceremony kami memasukan barang kami ke ranger dan pulang ke UPI sekitar jam 2 siang. Waktu perjalanan sama seperti pergi yaitu 3 jam. Kami sampai ke UPI beberapa menit sebelum buka puasa. Untung saja banyak yang baik hati memberikan takjil gratis. Salah satunya dari Belvita, selain untuk sarapan, Belvita ini juga bisa dijadikan takjil atau pengganjel perut sebelum makan malam.
Peserta/Panitia P2M ESA UPI 2017

Beberapa hal yang bisa aku ambil dari P2M ini adalah yang pertama bisa mendekatkan diri kepada teman-teman yang lain. Di P2M ini aku bisa lebih mengenal teman-teman di departement lain dalam himpunan. Aku jadi lebih dekat dengan divisi olahraga, kebahasa inggris-an, humas, dan lainnya. Yang mungkin jika aku tak ikut kegiatan ini aku tak akan mengenal mereka.

Kedua, aku belajar cara survive. Di P2M ini banyak sekali tantangannya, mulai dari cuaca dan suhu yang ekstrim, jarak antar bangunan yang tidak dekat, penerangan desa yang minim, masak dengan bahan seadanya, dan lainnya. Disini benar-benar diputar otak bagaimana cara kami biar tidak sakit dan kedinginan, bagaimana memasak menu sahur yang bervariasi karena hamper tiap hari kami diberi bahan tahu (1001 ways to cook tofu).

Kalau ada kegiatan seperti ini di kampus atau jurusan kalian, ga ada ruginya ikut, cobain aja ikut. Mungkin kalian bakal ngerasain susah di hari-hari pertama tapi kalian juga bakal menemukan banyak benefit dari kegiatan seperti ini. Ikut lagi nggak ya tahun depan ?

Comments (0)

Posting Komentar