Kali Kedua Menjadi Ketua Kelas (KM)



Semester 5, semester ganjil dan awal tahun ketiga di dunia perkuliahan. Tidak terasa sudah 2,5 tahun aku kuliah di UPI. Sudah banyak pengalaman dan moment yang aku alami, dari pengalaman manis sampai pahit.
Di semester 5, aku mendapat opportunity dan kehormatan kembali untuk menjadi ketua kelas. Tetapi kali ini aku hanya menjadi ketua kelas di kelas besar (5A). Aku menjadi KM di 5 mata kuliah yaitu Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris, Pragmasemantics, Media Pembelajaran TIK Bahasa Inggris, Exploring Fiction, dan Practice of Translating.
Jujur awalnya aku agak takut untuk jadi KM lagi di semester ini karena aku punya kesibukan dan pekerjaan lain di luar kelas/akademik. Aku takut nanti kelas akan terbengkalai atau tidak ter-handle oleh aku. Namun setelah beberapa minggu sampai akhir periode/semester, hal yang aku takutkan tidak terjadi. Aku tetap bisa lancar jadi KM, dan pekerjaan aku di luar kelas tetap bisa berjalan. Aku mempelajari satu skill yang bernama multitasking.
Kesuksesan aku menjadi KM bukan karena usaha aku sendiri, tetapi juga karena dukungan dan kerjasama teman-teman sekelasku. Tanpa mereka mungkin aku tidak akan seperti ini. Dukungan dan doa orang tua, keluarga, serta sahabat juga turut membantu.
Hal-hal yang berbeda dari semester sebelumnya adalah yang pertama sudah pasti mata kuliah, SKS, dan dosen. Kedua, program kerja, di semester 5 ini aku tidak terlalu banyak mengajukan program kerja dikarenakan kondisi kelas dan hal-hal lainnya. Ada program kerja baru dan ada beberapa program kerja yang dihilangkan. Sedihnya, di semester ini tidak ada acara kelas. Ketiga, lebih banyak pressure dari semester sebelumnya, baik itu dari universitas (dosen, staff prodi/fakultas), teman sekelas, maupun eksternal (teman seangkatan, himpunan, dan lain-lain).
Di akhir periode aku menjadi KM, aku menyebar questioner evaluasi KM. Alhamdulillah, skor aku meningkat dari 6,4 ke 7,78 (range: good). Tetapi aku sadar, aku sebagai KM masih banyak sekali kekurangan dan hal-hal yang aku harus perbaiki dan benahi.
Karena aku tidak mau ngomong panjang lebar di post ini (bingung juga mau nulis apa sebenarnya). Kalian bisa langsung cek LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban) KM dan manajemen program kerja di link dibawah ini, selamat membaca.

Laporan Pertanggung Jawaban Ketua Kelas 5A
Manajemen Program Kerja Kelas 5A

Comments (0)

Posting Komentar